Resep Puding Coklat Saus Vla Tanpa Rhum

Posted on

Resep Puding Coklat Saus Vla, MAJALAHPUDING.com – Kreasi olahan puding memang banyak ya, Moms. Kue yang satu ini emang cocok untuk makanan penutup.




Apa lagi karena terbuat dari agar-agar yang kaya serat dan baik untuk kesehatan pencernaan. Rasanya yang manis pasti juga disukai oleh anak-anak.

Di pasaran emang banyak sih yang menjual bahan puding coklat vla siap pakai tapi pasti akan lebih memuaskan kalau kita bikin sendiri dari nol kan, Moms… Takut gagal?

Yang namanya gagal itu biasa dalam proses belajar. Ngga ada yang langsung jago dari lahir. Semua ada prosesnya lho, Moms.

Gambar Ilustrasi Resep Puding Coklat Saus Vla Tanpa RhumSempat khawatir dengan kandungan rhum (rum) di dalam puding coklat vla? Nih solusinya, Moms.

Pengganti rhum

Mau bikin puding tapi anti sama rhum? Fungsi rhum sebenarnya dalam puding atau kue lain adalah memberikan aroma yang menusuk hidung sehingga menggugah selera.

Tapi berdasarkan fatwa MUI rhum yang terdapat dalam makanan dan minuman haram hukumnya. Lalu gimana mengakalinya?

Bisa kok, Moms yaitu dengan cara membuat simple sirup yang terbuat dari gula pasir yang dilarutkan dengan air.

Bahan Resep Puding Coklat Saus Vla:

100 g gula pasir

100 ml air

Cara membuat:

Masak gula pasir dengan air hingga larut sempurna. Kemudian dinginkan. Bener-bener simple kan?




Nah, sekarang saatnya kita intip resep puding coklat vlanya:

Bahan puding

2 bungkus agar-agar warna putih

300 gram gula pasir

1,5 liter susu cair

50 gram coklat bubuk

4 butir telur, ambil kuningnya saja

Garam secukupnya

Bahan vla

500 ml susu putih cair

2 butir telur, ambil kuningnya

200 gram gula pasir

3 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 3 sendok makan air

Gambar Ilustrasi Penyajian Resep Puding Coklat Saus Vla Kental manisResep Puding Coklat Saus Vla – Cara Membuatnya:

Puding

1. Larutkan coklat bubuk dengan air panas agar lebih cepat larut.

2. Masak susu cair, gula pasir, dan agar-agar sampai mendidih.

Tambahkan coklat bubuk yang telah dicairkan kemudian aduk rata.

3. Ambil sedikit adonan tersebut dan campurkan dengan kuning telur dalam wadah yang terpisah.

Setelah rata, masukkan adonan ini ke dalam adonan yang pertama tadi dan tambahkan garam secukupnya. Biarkan hingga adonan mendidih kemudian angkat.

4. Tuang adonan dalam cetakan puding atau agar-agar yang telah Moms siapkan.

5. Tunggu hingga uap panas hilang, masukkan ke dalam lemari es.

Saus vla

1. Masak gula dan susu cair hingga gula larut.

2. Campurkan sedikit campuran gula dan susu tadi dengan kuning telur dalam wadah yang terpisah.

3. Masukkan campuran kuning telur ke dalam larutan gula tadi. Masukkan tepung maizena dan simple sirup yang Moms buat tadi hingga mendidih dan mengental.

4. Biarkan dingin, dan siram di atas puding yang Moms keluarkan dari cetakan.

Lho? Baunya Resep Puding Coklat Saus Vla ini kok ngga seharum yang pakai rhum? Ya jelas dong, Moms. Ini kan bukan rhum betulan hehehe.

Tapi soal rasa ngga perlu diragukan lagi. Pastinya nyummy. Selamat mencoba, Moms. Ditunggu like dan share nya yeee 😀

Jika Berminat Mungkin Moms juga Ingin mencoba Resep Puding Roti Keju dan Puding Karamel

Lihat Galeri Cara Penyajian Puding Coklat Ini

Bagikan, Yuk!
50Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *