Cara Membuat Puding Karamel

Posted on

MajalahPuding.com – Penasaran dengan cara membuat puding karamel yang praktis dan juga mudah? Maka informasi resep serta cara pembuatannya dapat ditemukan pada ulasan berikut ini. Tentunya resep kue dan puding sendiri dewasa ini tidak harus selalu diperoleh dari media seperti tabloid atau koran khusus masakan saja.




Gambar Cara Membuat Puding Karamel

Ya, karena beragam resep puding terbaru kini sudah dapat ditemukan dengan mudah melalui media online. Puding sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang hingga saat ini masih disukai oleh banyak kalangan tanpa terkecuali. Rasanya yang manis dan teksturnya yang sangat lembut memang menjadi cirikhas rasa dari penganan ini.

Melalui hal tersebut diketahui bahwa saat ini sudah banyak kalangan yang mengembangkan resep puding dengan variasi yang sangat beragam. Dan salah satunya adalah variasi puding dengan karamel. Jika biasanya puding selalu identik dengan saus seperti vla, maka tidak dengan saat ini.

Cara Membuat Puding Karamel

Sudah banyak resep yang dikembangkan oleh banyak kalangan hingga menghasilkan ragam varian resep yang bermacam-macam. Penasaran dengan resep pusing karamel? Berikut ini adalah resep dan cara membuat puding karamel yang dapat kita ketahui bersama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk puding :

  • Susu cair sebanyak 500 ml
  • Agar-agar serbuk warna putih sebanyak 1 sendok teh
  • Kuning telur ayam sebanyak 2 butir
  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Ekstrak vanili sebanyak 1 sendok makan
  • Gelatin serbuk sebanyak 1 sendok teh, kemudian larutkan dengan 150ml air

Bahan-bahan untuk membuat karamel :

  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Air sebanyak 75 ml

Cara Membuat Puding Karamel Praktis dan Mudah :

  1. Pertama-tama buatlah karamel terlebih dahulu dengan cara panaskan air yang telah disiapkan tadi hingga mendidih, kemudian masukan gula pasir. Kecilkan api dan aduk terus hingga campuran gula dan air tersebut mengental dan menjadi karamel. Setelah itu angkat karamel dan tuangkan karamel pada sebuah loyang anti panas.
  2. Lengkah selanjutnya adalah membuat adonan puding, caranya campurkan terlebih dahulu susu cair dan gula pasing yang telah disiapkan tadi pada sebuah panci. Kemudian panaskan/rebus dengan api kecil dan biarkan hingga dula pasir larut.
  3. Setelah gula larut dengan susu, masukan larutan gelatin yang telah Anda siapkan sebelumnya berserta dengan agar-agar. Aduk cepat adonan rebusan tersebut hingga teksturnya mengental. Setelah mengental, angkat lalu sisihkan terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya yakni mencampurkan dua butir kuning telur dengan sedikit adonan susu dan agar-agar tadi, kemudian kocok cepat hingga kuning telur hancur dan bercampur rata. Setelah itu, tuangkan kembali pada adonan susu dan agar-agar lalu aduk hingga semuanya tercampur rata.
  5. Dan untuk langkah terakhir, tuangkan adonan tadi kedalam loyang yang sudah Anda tuangkan karamel sebelumnya. Simpan adonan tersebut hingga semuanya menggumpal atau mengeras seperti jely/puding.

Tips Membuat Puding Karamel :

Setelah campuran puding tadi dituangkan pada loyang berisikan karamel, maka simpanlah dalam jangka waktu yang lebih lama. Karena semakin lama disimpan, maka karamel yang terdapat dibawahnya akan merekat sempurna dengan permukaan puding pada nantinya. Dan untuk loyang yang digunakan, sebenarnya tidak harus menggunakan sebuah loyang berukuran besar saja.

Akan tetapi dapat juga menggunaan loyang dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat lebih mudah dihidangkan untuk sekali makan saja. Semua itu tergantung dengan selera dan keinginan Anda masing-masing.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membuat puding karamel di atas tadi? Selain itu, beragam bahan yang dibtuuhkan pun tidaklah sulit dicari karena dapat diperoleh dari lingkungan sekitar. Semoga ulasan resep kue terbaru di atas dapat menambah koleksi resep kue dan masakan Anda semuanya. Selamat mencoba.

Jika Bermanfaat
Silahkan tekan "Like!".




Ikuti di Twitter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *