Macam-Macam Cetakan Puding yg Bagus

Posted on

Cetakan Puding, MajalahPuding.com – Jika anda membicarakan puding maka tentu saja ada salah satu peralatan wajib yang harus disediakan untuk mencetak sebuah puding yakni loyang atau Cetakan Puding. Ada banyak sekali jenis loyang beserta berbagai bahan bakun. Umumnya masyarakat memilih bahan baku loyang atau cetakan silikon karena selain harganya murah juga lebih mudah untuk perawatanya. Bagi siapapun yang ingin membuat puding, maka sangat disarankan untuk memakai cetakan agar memberikan bentuk lebih unik serta menarik.




Gambar Foto Cetakan Puding ChiffonSebenarnya bila anda ingin lebih tahu, ada bebrbagai macam jenis loyang mulai dari bahan biasa sampai bahan berkualitas tinggi. Ingin tahu lebih lanjut? silahkan simak penjelasanya dibawah ini.

Macam – Macam Cetakan Puding

Jenis-Jenis Cetakan Puding

  1. Loyang Chiffon

Loyang jenis ini nampak mudah digunakan karena memiliki kaki – kaki sehingga tidak perlu botol untuk mengganjalnya. Loyang Chiffon berperan penting saat pembuatan puding dengan metode oven. Salah satu tujuanya adalah adonan tidak akan bocor atau tercecer kemana – mana.

  1. Loyang Sponge Cake

Loyang sponge cake biasanya berukuran 5-7 cm. Namun ada juga yang mempunyai diameter lebih besar. Para chef pun kebanyakan memakai jenis loyang ini untuk membuat adonan seperti puding, bolu kukus maupun jenis cake.

  1. Loyang Cake Kukus

Ciri – ciri loyang yang satu ini umumnya nampak berlubang dibawahnya, tapi ada juga yang tidak berlubang. Adapun tujuan berlubang yakni supaya penguapan airnya berjalan sempurna sedangkan jenis tanpa lubang bertujuan agar adonan tak perlu dialasi dibawahnya.

  1. Loyang Kuker

Loyang kuker berciri khas berbentuk persegi, pendek dan tebal. Loyang jenis tersebut lebih gampang membuat adonan seperti puding cepat matang. Kalupun anda ingin memanggang sesuatu, maka loyang kuker bisa menjadi solusinya.

  1. Cetakan Pie

Model ini menurut sebagian orang adalah yang paling simple dan praktis. Karena cukup mudah menuangkan adonan ke masing – masing cetakan. Kemudian adonan puding akan tampil unik dengan sendirinya setelah dibekukan.

  1. Loyang Barbie

Dilihat dari namanya saja sudah barang tentu cetakan tersebut berbentuk mirip boneka Barbie, terutama dibagian roknya. Bentuknya seperti lubang – lubang panjang berkumpul menjadi satu yang nantinya bisa dimasukin setiap adonan puding atau jenis kue lainya. Sehingga pada akhir pembuatanya bentuk dari adonanya sendiri akan terlihat cantik.

  1. Loyang Cokkies Cutter

Nah, Cetakan Puding yang satu ini sangat bervariasi dan bermacam – macam ukuranya. Muai dari bentuk love, orang – orangan, segitiga dan masih banyak lagi. Karena bagian atas dan bawahnya berlubang, maka bagi anda yang ingin menggunakanya untuk mencetak adonan puding, perlu disiapkan pengalas dibawahnya.

  1. Loyang Muffin

Pasti anda pernah melihat untuk loyang jenis muffin. Biasanya orang – orang menggunakanya sebagai cetakan muffin atau cupcake. Tentu saja anda pun juga bisa memanfaatkanya untuk membuat adonan puding menjadi bentuk sedikit lebih bulat dan kecil – kecil.

  1. Loyang Kue Lumpur

Berbahan dari castrod iron, cetakan kue lumpur bisa dibilang agak mahal daripada lainya. Namun anda tak perlu khawatir karena kualitasnya memang sangat bagus. Sebagian orang memakainya untuk mencetak berbagai jenis kue lumpur dan bisa juga digunakan dalam mencetak adonan puding lebih menarik.

  1. Loyang Bolu Gulung Zig-Zag

Mungkin ada yang penasaran dengan cetakan bolu gulung zigzag? Bentuknya mirip dengan persegi kotak, tapi di setengah bagianya terdapat lekukan – lekukan zigzag. Itulah yang menjadi alasan dinamakan loyang bolu gulung zigzag. Meski agak jarang dipakai sebagai adonan puding, tak ada salahnya anda mencoba cetakan tersebut.

Setelah cetakan, ketahui pula: Macam-Macam Puding




Sekian dulu beberapa Cetakan Puding untuk memberikan anda ide – ide dalam hal mengkreasikan bentuk puding agar tampil cantik dan menawan sehingga menggoda lidah bagi siapapun yang akan mencicipinya. Semoga bermanfaat.

Galeri gambar cetakan atau loyang untuk membuat puding

Bagikan, Yuk!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *