Cara Membuat Puding Karamel Tak Lengket Di Cetakan

Cara Membuat Puding Karamel, MAJALAHPUDING.com – Moms lagi bingung ya mengatasi puding karamel yang lengket di cetakan?

Jangan kuatir Moms, kali ini kita akan berbagi cara agar puding karamel Moms ngga lengket lagi dan akan meluncur mulus dari cetakan.

Gambar Ilustrasi Cara Membuat Puding Karamel Yang EnakSebelumnya Moms, kayaknya kita perlu tahu mengapa waktu puding dikeluarkan dari cetakan, karamelnya belepotan di sana-sini.

Sebabnya ada pada keseimbangan takarannya. Misalnya nih, jika Moms memberi 50 ml air, maka gula yang dipakai juga 50 g.




Jangan pelit-pelit ya Moms biar hasilnya oke. Tapi perlu hati-hati juga Moms dengan gula yang kita konsumsi.

Kalau buat puding karamel sebulan dua kali ngga papa kali ya hehehe…




Selain cara tersebut, ada lagi cara agar karamel ngga lengket di cetakan yaitu dengan membasahi cetakan dengan air sebelum Moms mengisinya dengan adonan. Kalau sudah terlanjur diisi sebelum diolesi air? Gampang.

Cukup dengan merendam bagian bawah cetakan dengan air mendidih. Setelah seluruh bagian cetakan terasa hangat, Moms bisa mulai mengikir bagian pinggir cetakan untuk mengeluarkan isinya.

See, puding karamel meluncur dengan cantiknya. Nah, untuk praktik di rumah, ini dia resep puding karamel yang pasti maknyuss.

Resep Cara Membuat Puding Karamel

Bahan:

500 ml susu cair

125 g gula pasir

1 sdt gelatin bubuk kemudian larutkan dalam 150 ml air

1 sdt agar-agar bubuk berwarna putih

2 butir telur ayam, ambil kuningnya saja

1 sdm vanili bubuk

Bahan Karamel:

75 ml air

75 g gula pasir

Gambar Ilustrasi Resep Cara Membuat Puding KaramelPanduan Langkah-Langkah Cara Membuat Puding Karamel:

1. Siapkan cetakan anti panas/ramekin bervolume 200 ml. Bilas dan sisihkan.

2. Karamel: Panaskan 75 ml air, masukkan gula pasir, aduk-aduk di atas api yang sangat kecil hingga berubah menjadi karamel.

Angkat dan segera tuang ke tiap cetakan. Setelah itu sisihkan.

3. Rebus susu cair bersama gula pasir dengan api kecil hingga larut seluruhnya. Masukkan larutan gelatin yang telah dicairkan dan agar-agar. Aduk dengan cepat hingga adonan mengental. Segera kecilkan api dan sisihkan.

4. Masukkan 1 sendok sayur adonan susu tadi ke dalam kuning telur, aduk dengan cepat hingga tercampur rata. Tuang kembali ke dalam adonan susu tadi, aduk rata. Setelah itu angkat.

5. Tuang adonan ke masing-masing cetakan, tunggu hingga uapnya hilang. Masukkan ke dalam lemari pendingin hingga adonan padat.

Semakin lama puding karamel disimpan, karamel akan semakin melekat serta menyatu dengan cantik di permukaan puding kita. Selamat mencoba ya, Moms.

Baca Juga resep puding roti dari keju kraft

Semoga tulisan Cara Membuat Puding Karamel ini berguna ya, Moms! Jangan lupa untuk selalu klik Like dan Share tombol yang ada di bawah ya. Sampai jumpa di resep-resep berikutnya 🙂

Kunjungi Galeri untuk melihat ilustrasi penyajian puding karamel

Jika Bermanfaat
Silahkan tekan "Like!".

Ikuti di Twitter !