Resep Kue Donat Kentang Ala Rumah

Posted on

Resep Kue Donat Kentang, MajalahPuding.com – Donat merupakan kue yang dibuat dari tepung terigu, gula, mentega dan telur. Adapun donat paling umum di Indonesia yakni berbentuk cincin dimana terdapat lubang bagian tengahnya. Berdasar sumber, bahwa donat sangatlah berbeda jenis dengan bagel karena bahan – bahanya pun cukup sederhana serta teknik pembuatanya juga tidak terlalu rumit meski ada kemiripan pada bentuknya.




Gambar Foto Resep Kue Donat Kentang Ibu Rumah TanggaPada kesempatan kali ini, anda akan disuguhkan informasi menarik utamanya dalam menerapkan Resep Kue Donat Kentang. Tapi sebelum beranjak ke pembahasan inti, apakah anda tahu siapa penemu donat menurut sejarah? Seperti diketahui oleh umum, perdebatan diantara siapa penemu donat ternyata masih bergulir, dimana fakta mengungkapkan bahwa NDAA ( National Dunking Association of Amerika) yang menemukan yaitu Hanson Crocket Gregory sedangkan suku indian berpedapat sekaligus mengklaim, merekalah penemu kue donat ini. Terlepas dari itu, cerita itu kian menjadikan donat semakin terkenal hingga kini.

Baiklah, daripada memperdebatkan masalah penemu donat, akan lebih cocok untuk mengikuti pembuatan kue donat berbahan kentang dibawah ini.

Persiapan Bahan Bahan Resep Kue Donat Kentang

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue special ini antara lain

  1. Kentang sebanyak 200 gram (sudah dikupas, di kukus, dihaluskan dan didinginkan)
  2. Tepung terigu sekitar 500 gram
  3. Ragi instan 11 gram
  4. Gula kastor 100 gram
  5. 50 gram susu bubuk
  6. 4 butir kuning telur (ingat!sudah dipisahkan dengan putih telur)
  7. Garam ¼ sdt
  8. Mentega sekitar 75 gram
  9. Air dingin sebanyak 100 ml (sudah matang)

Langkah Langkah Pembuatan Resep Kue Donat Kentang

  1. Campurkan bahan seperti gula halus, tepung terigu dan ragi ke dalam satu wadah. Aduk sampai rata. Kemudian, masukkan kuning telur dan kentang yang sudah dihaluskan tadi. Tuangkan air dingin 100 ml sedikit demi seikit sambil diuleni supaya adonan menjadi kalis (tidak lengket).Kalo belum kalis, maka anda bisa menambahkan tepung terigu secukupnya. Sebagai catatan, pastikan bahwa campuran bahan kentang telah halus dan dingin. Ini dimaksudkan agar adonan donat menjadi licin.
  2. Kalo adonan sudah kalis, barulah anda dapat memasukkan mentega dan garam ke area adonan. Kenapa? Karena jika adonan belum kalis dikhawatirkan ragi akan bertemu garam sehingga menjadi mati dan tak bisa mengembangkan adonan. Lalu diamkan adonan selang waktu 20-30 menit.Gunakan penutup (serbet atau sejenisnya) untuk menutupinya. Tujuanya tidak lain adalah membuat adonan donat kentang agar tidak kering.
  3. Setelah mendapati adonan telah mengembang, kempiskan terlebih dahulu dan untuk membentuknya, anda bisa menggunakan cetakan khusus berbentuk donat. Kemudian, diamkan selama 20-30 menitan.
  4. Apabila adonan telah selesai dibentuk, kini siapkan tempat penggorengan (wajan) dengan memakai api kecilo saja. Gorenglah donat kentang beberapa buah sampai berbuah menjadi warna kecoklatan. Untuk tips menggoreng, pakailah sumpit karena akan lebih membantu dalam membuat gerakan memutar pada lubang donat sekaligus membolak – balikkan adonan.
  5. Angkat setiap donat yang sudah terlihat kecoklatan baik dari sisi atas, bawah maupun pinggiranya dan jangan lupa untuk langsung meniriskanya. Lakukan sampai adonan donat kentang habis tak tersisa.
  6. Tahap terakhir tinggal beri sedikit taburan bubuk halus diatas donat kentang dan siap dihidangkan atau disantap bersama keluarga anda. Anda pun boleh memvariasikan taburan dengan parutan keju, vanilla, coklat cair atau lain sebainya.

Cari Ide Kue untuk Hari libur? Coba Kue Blue Band Ini

Jika anda menyukai tips Resep Kue Donat Kentang diatas, sebarluaskan juga kepada orang lain agar dapat memberikan informasi bagi mereka. Akhir kata, semoga anda dapat menerapkanya dan berhasil, Selamat mencoba di dapur kesayangan anda. Sekian dan terima kasih telah berkunjung kesini

Jika Bermanfaat
Silahkan tekan "Like!".

Ikuti di Twitter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *