Resep Kue Kering Gajah

Posted on

Resep Kue Kering Gajah, MajalahPuding.com – Salah satu kue tradisional yang berasal dari Indonesia adalah kue kering gajah. Tentu anda sudah mengenal mengenai kue ini. Sajian kue kering tersebut tak hanya favorit saat hari lebaran saja, hari – hari biasa pun juga seringkali dihidangkan di ruang tamu. Karena begitu banyak peminatnya, hampir di seluruh toko oleh – oleh (toko jajanan) selalu menyediakan kue kering gajah. Harganya pun sangat bervariasi mulai dari ribuan sampai puluhan ribu. Mengenai rasa, tak perlu bertanya lagi karena rasanya begitu gurih, renyah dan pastinya sangat lezat.




Gambar Foto Resep Kue Kering Gajah SederhanaSelain membeli, sebenarnya anda juga dapat membuat Resep Kue Kering Gajah di rumah. Disamping menambah kreativitas soal memasak kue kering, anda pun akan terbantu dalam pengelolaan uang yang artinya bisa menghemat pengeluaran. Cukup dengan membeli beberapa bahan dan mengikuti langkah pembuatanya dibawah ini. Baiklah, daripada berlama – lama, silahkan simak penjelasan selengkapnya berikut dan segeralaha untuk mempraktekkanya supaya tidak lupa dikemudian hari.

Persiapan Bahan Resep Kue Kering Gajah

Bahan – bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut

  1. Tepung maizena 50 gram
  2. Tepung terigu sebanyak 300 gram (sebaiknya diayak dahulu agar halus)
  3. Gula pasir halus atau bubuk sekitar 100 gram
  4. 4 butir telur ayam
  5. Santan kelapa kental sekitar 200 ml
  6. Vanila 1 sdt
  7. Coklat bubuk 1 sdt
  8. Terakhir, 1 sdt garam dapur atau secukupnya.

Langkah – Langkah pembuatan Resep Kue Kering Gajah: 

  1. Pertama kali, siapkan wadah ukuran sedang kemudian masukkan 4 butir telur ayam dan gula pasir halus 100 gram. Kocoklah beberapa menit sampai adonan terlihat mengental. Kemudian tambhakn vanilla dan garam dapur secukupnya lalu aduk kembali hingga merata.
  2. Setelah itu, masukkan tepung maizena 50 gram beserta 300 gram tepung terigu. Ikuti pula dengan memasukkan santan kelapa kental secara perlahan. Barulah aduk lagi supaya adonannya kalis. Jika sudah, bagi adonan menjadi 2 bagian. Campurkan adonan pertama dengan coklat bubuk lalu aduk rata. Ingat! Berikutnya, gilas adonan tersebut supaya nampak tipis (ketebalan berkisar 0,5 cm). Sedangkan adonan kedua, biarkan putih tanpa bahan pewarna dan jangan lupa juga ikut digilas sampai tipis dengan ketebalan yang sama.
  3. Selanjutnya, tumpuk adonan menjadi satu, sebaiknya coklat berada di atas atau sesuai keinginan anda. Lalu gulung adonan menjadi silinder dengan mengawalinya dari kiri ke kanan. Sementara itu, taruhlah adonan ke dalam lemari es sebentar saja. Keluarkan adonan kemudian potonglah tipis – tipis. Kalo kurang tipis, silahkan gilas lagi agar sama rata dengan adonan lainya.
  4. Tahap berikutnya, siapkan wajan penggorengan, beri minyak dan panaskan sejenak. Bila dirasa sudah panas, tinggal masukann irisan adonan tadi ke dalam wajan, goreng sampai kering. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai irisan adonan habis.
  5. Anda bisa langsung menyimpanya ke dalam toples atau menyajikanya di atas piring sajian untuk disantap bersama keluarga anda. Jangan lupa, jika ingin tersimpan dalam waktu yang lama, sebaikmnya gunakan toples khusus kedap udara supaya kue kuping gajah tahan lama serta awet.

Untuk cemilan: Donat juga enak lho, cari tau untuk cara buatnya disini

Demikianlah langkah –langkah termudah untuk mengaplikasikan Resep Kue Kering Gajah. Semoga dapat memberikan referensi sekaligus membantu anda membuat kue tersebut secara mandiri. Baca juga resep – resep lainya disini dan pantau terus berita terbaru khususnya yang berkaitan dengan segala menu resep kue. Sekian.

Jika Bermanfaat
Silahkan tekan "Like!".

Ikuti di Twitter !




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *